PENILAIAN
|
JAWABAN
|
NILAI
|
%
|
PDF
|
I. |
MANAJEMEN PERUBAHAN (5) |
|
5,00
|
100%
|
|
|
1.Tim Kerja (1) |
|
1,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas ? |
Ya
|
1,00
|
|
|
b. |
Apakah penentuan anggota Tim selain pimpinan dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas ? |
A
|
1,00
|
|
|
2. Dokumen Rencana Pembangunan Zona Integritas (1) |
|
1,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah ada dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM ? |
Ya
|
1,00
|
|
|
b. |
Apakah dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM? |
A
|
1,00
|
|
|
c. |
Apakah terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM ? |
Ya
|
1,00
|
|
|
3. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM (2) |
|
2,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana ? |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti ? |
A
|
1,00
|
|
 |
4. Perubahan pola pikir dan budaya kerja (1) |
|
1,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM ? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Apakah sudah ditetapkan agen perubahan ? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
d. |
Apakah anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM? |
A
|
1,00
|
|
 |
II. |
PENATAAN TATALAKSANA (5) |
|
4,34
|
87%
|
|
|
1. prosedur operasional tetap (SOP) kegiatan utama (1,5) |
|
1,34
|
89%
|
|
a. |
Apakah SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan |
b
|
0,67
|
|
 |
c. |
Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi |
A
|
1,00
|
|
 |
2. E-Office (2) |
|
1,50
|
75%
|
|
a. |
Apakah sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi? |
b
|
0,50
|
|
 |
b. |
Apakah operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi? |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi? |
b
|
0,50
|
|
 |
d. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik? |
A
|
1,00
|
|
 |
3. Keterbukaan Informasi Publik (1,5) |
|
1,50
|
100%
|
|
a. |
Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik |
Ya
|
1,00
|
|
 |
III. |
PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM (15) |
|
15,00
|
100%
|
|
|
1. Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi (2) |
|
2,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Apakah penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan? |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
2. Pola Mutasi Internal (2) |
|
2,00
|
100%
|
|
a. |
Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, apakah telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Apakah dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan? |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
3. Pengembangan pegawai berbasis kompetensi (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi ? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai? |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan ? |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. |
A
|
1,00
|
|
 |
e. |
Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, apakah unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (dapat melalui pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, atau melalui coaching, atau mentoring, dll) ? |
A
|
1,00
|
|
 |
f. |
Apakah telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja? |
A
|
1,00
|
|
 |
4. Penetapan kinerja individu (4) |
|
4,00
|
100%
|
|
a. |
Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi. |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya. |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik. |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan dll). |
A
|
1,00
|
|
 |
5. Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan. |
A
|
1,00
|
|
 |
6. Sistem Informasi Kepegawaian (1) |
|
1,00
|
100%
|
|
a. |
Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala. |
A
|
1,00
|
|
 |
IV. |
PENGUATAN AKUNTABILITAS (10) |
|
10,00
|
100%
|
|
|
1. Keterlibatan pimpinan (5) |
|
5,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Perencanaan |
Ya
|
1,00
|
|
 |
d. |
Apakah pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja |
Ya
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala |
Ya
|
1,00
|
|
 |
2. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja (5) |
|
5,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah dokumen perencanaan sudah ada |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Apakah dokumen perencanaan telah berorientasi hasil |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Apakah terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Apakah indikator kinerja telah SMART (Specifik, Measureable, Achievable, Relevant and Time) |
A
|
1,00
|
|
 |
e. |
Apakah laporan kinerja telah disusun tepat waktu |
Ya
|
1,00
|
|
 |
f. |
Apakah pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja |
A
|
1,00
|
|
 |
g. |
Apakah terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja |
A
|
1,00
|
|
 |
h. |
Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksanakan oleh SDM yang kompeten |
A
|
1,00
|
|
 |
V. |
PENGUATAN PENGAWASAN (15) |
|
15,00
|
100%
|
|
|
1. Pengendalian Gratifikasi (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan |
A
|
1,00
|
|
 |
2. Penerapan SPIP (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Telah dibangun lingkungan pengendalian |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait |
A
|
1,00
|
|
 |
3. Pengaduan Masyarakat (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat |
A
|
1,00
|
|
 |
d |
Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti |
A
|
1,00
|
|
 |
4. Whistle-Blowing System (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Apakah Whistle Blowing System sudah di internalisasi ? |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Whistle Blowing Systemtelah diterapkan |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti |
A
|
1,00
|
|
 |
5. Penanganan Benturan Kepentingan (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama |
Ya
|
1,00
|
|
 |
b. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan |
A
|
1,00
|
|
 |
e. |
Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti |
A
|
1,00
|
|
 |
VI. |
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (10) |
|
10,00
|
100%
|
|
|
1. Standar Pelayanan (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Terdapat kebijakan standar pelayanan |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Standar pelayanan telah dimaklumatkan |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Terdapat SOP bagi pelaksanaan standar pelayanan |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan SOP |
A
|
1,00
|
|
 |
2. Budaya Pelayanan Prima (3) |
|
3,00
|
100%
|
|
a. |
Telah dilakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan Budaya Pelayanan Prima |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Telah terdapat sistem punishment(sanksi)/reward bagi pelaksana layanan serta pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar |
A
|
1,00
|
|
 |
d. |
Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi |
A
|
1,00
|
|
 |
e. |
Terdapat inovasi pelayanan |
A
|
1,00
|
|
 |
3. Penilaian kepuasan terhadap pelayanan (4) |
|
4,00
|
100%
|
|
a. |
Dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan |
A
|
1,00
|
|
 |
b. |
Hasil survey kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka |
A
|
1,00
|
|
 |
c. |
Dilakukan tindak lanjut atas hasil survey kepuasan masyarakat |
A
|
1,00
|
|
 |
|
|
|
|
59,34
|
|
|